9 Cara Agar Lebih Cepat Menghafal

Dalam studi atau belajar, hafalan tentu harus diiringi dengan pemahaman. Selanjutnya dalam kehidupan ini, bisa menghafal itu sarat manfaat, memudahkan, membanggakan. Sebutlah bisa menghafal doa, sajak, resep, lirik lagu, sampai pidato singkat. Berikut tips dan triknya.

Sebelum mulai menghafal, Anda harus lebih dulu mengetahui, apakah Anda tipe yang cepat belajar melalui audio, visual, atau ekperimental? Jika Anda tipe audio, maka besar kemungkinan akan lebih cepat menangkap informasi dengan mendengarkan. Tipe visual dengan cara melihat, dan tipe eksperimental lebih cepat tanggap dengan melakukan percobaan terhadap materi atau mengalami kejadian. Kebanyakan dari individu biasanya adalah kombinasi dari 2 tipe lainnya.

Berikut ini adalah 9 cara agar lebih cepat menghafal menurut lifehack.com:

1. Persiapan: Untuk mengoptimalkan sesi menghafal, pilihlah lingkungan/tempat yang mendukung, biasanya tempat yang sepi dan tidak banyak gangguan. Pada dasarnya pilihlah tempat yang menurut Anda kondusif untuk menghafal. Hal berikutnya yang bisa membantu untuk cepat menghafal yaitu dengan meminum teh terutama teh hijau. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa teh hijau membantu meningkatkan ingatan dan membantu kerja sel otak.

2. Rekam: Gunakan recorder untuk merekam apa yang ingin Anda hafal. Rekam diri Anda ketika Anda sedang berlatih berbicara di depan umum atau membaca apa yang ingin dihafal. Pastinya ini lebih menguntungkan bagi tipe audio, tapi dengan memutar rekaman secara berulang kali, akan membantu Anda mengingat informasi lebih cepat.

3. Tuliskan: Tuliskan dan tulis ulang, ini akan membantu anda agar lebih fimiliar dengan apa yang ingin dihafalkan. Menulis sambil mendengarkan recorder Anda juga akan membantu untuk menyimpan banyak data dalam ingatan Anda. Cara ini biasa digunakan oleh tipe eksperimental.

4. Buat bagian pada catatan Anda: Setelah Anda tulis dan jadi satu buah catatan, pisahkan jadi beberapa bagian, ini sangat ideal untuk tipe visual, terutama jika Anda menggunakan warna yang berbeda untuk tiap subjek. Ini akan membantu Anda memilah informasi yang direkam oleh otak Anda.

5. Lakukan pengulangan: Lakukan pengulangan beberapa kali untuk tiap baris kalimat, dan cobalah untuk mengulangnya tanpa melihat catatan. Setelah satu kalimat berhasil dihafal, tambahkan kalimat berikutnya yang harus dihafal dengan menggunakan proses yang sama, dan begitu seterusnya. Hingga akhirnya Anda bisa menghafal setiap kata dan kalimat dengan benar.

6. Tulis kembali apa yang sudah berhasil Anda hafal: Tuliskan kembali hafalan Anda, bukan dari catatan melainkan dari apa yang sudah diingat dalam otak. Cara ini akan membantu memperkuat apa yang sudah Anda hafal.

7. Ajarkan ke orang lain atau diri sendiri: Salah satu cara paling efektif untuk menghafal adalah dengan menyampaikan informasi yang baru saja didapatkan kepada orang lain, atau katakan dengan lantang pada diri Anda sendiri.

8. Dengarkan hasil rekaman: Lakukan hal ini saat Anda melakukan aktivitas yang lain, bisa sambil menyetir mobil, memasak, mencuci baju, dan lain sebagainya. Ini memang sangat cocok untuk tipe audio tapi juga bisa berhasil untuk tipe yang lain. Karena dengan mendengarkan rekaman secara berulang, seakan memberikan suplemen pada otak terutama pada memori jangka pendek Anda.

9. Jeda Istirahat: Jangan lupa untuk memberikan jeda waktu untuk otak Anda beristirahat. Beri waktu beberapa saat agar otak tidak memikirkan apa yang baru saja dipelajari. Dengan melakukan istirahat, Anda akan tahu apa saja yang sudah benar-benar dipelajari dan tentunya ini akan membantu Anda untuk fokus pada bagian yang mungkin masih belum Anda hafal dengan baik.

Pada dasarnya menghafal memang aktivitas yang mungkin cukup sulit, tapi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Selama Anda fokus dan memiliki kemauan, apapun pasti bisa Anda lakukan.

Salam hangat, dan semoga bermanfaat.

Sumber: www*andriewongso*com

#RFA

PN

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: