Terbaru

Senin, 27 Agustus 2012

Tips Menghafal Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka



Kebangetan kalo gak tau ini siapa.
Salam Pramuka! Halo kawan-kawan semuanya! Hari ini saya pengen berbagi kepada kalian semua. Kebetulan sekolahan saya bakal ngadain PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu) tuh, dalam rangka "Penerimaan" kami sebagai keanggotaan Pramuka (Praja Muda Karana) baru di sekolahan menengah akhir ini. Nahh.. Siapa tau diantara temen-temen semua ini, pada sama juga kayak saya bakal ikutan serangkaian ritual gini.
Kalo buat Anggota Ekskul Pramuka sih bukan jadi hal yang sulit. Sedangkan kita yang dulu pernah menjadi/masuk ekskul tersebut dan sekarang telah murtad serta mesti menghafal/melakukan itu lagi?#curhat.. Tenang aja semoga mbah bisa bantu, lagian Pramuka itu Asyik lohh... (lah.. Kenapa lo keluar dari Pramuka? Admin yang aneh)
Disini saya bakal berbagi/bocorin beberapa keperluan yang harus dibawa buat ngikutin acara ke-pramukaan itu.Misalnya:

1. Menulis dan Menghafal Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka

Trisatya

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh sungguh:
  1. Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mengamalkan Pancasila
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
  3. Menepati Dasa Dharma

Dasa Dharma Pramuka

Pramuka itu:
  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang kepada manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, trampil dan gembira
  7. Hemat cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Sejak pertama dulu nih, baca trisatya sama dasa darma serasa pengen nangis.. terharu kata-katanya ituloh enggak berlebihan dan berbobot bangedh isinya #sedikitalay. Tapi emang bener gitu kenyataanya, Luar Biasa deh!!

Nulis-nya udah. Sekarang tinggal ngapalinnya yang agak ngebuat yang tadinya mules, pusing, lemah, letih, lesu menjadi ngedadak seger dan otot mata yang hampir putus dibuatnya #alaylagi -_-" karena susah banget buat ngapalin itu dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Tenanggg!! Mbah punya solusinya. Untuk mengahafal dasa dharma (kalo untuk trisatya, gausah yah tinggal dibaca sekali-dua kali juga belum tentu hafal, hehe. Dicoba aja..

Coba dengan menghafal huruf/kata-kata depannya

 Dasa dharma itu kan ada sepuluh (10) huruf/kata depannya. Nih apalin kata-kata depannya dulu, caranya :

Ta-Ci-Pa-Pat-Re-Ra-He-Di-Ber-Su.

Kalo bisa tuh sambil di nyanyi-nyanyiin gitu. Tapi sambil dihafalin terusannya juga. Boleh juga sambil dinyanyiin, tapi jangan sambil teriak2 gak jelas di jalan raya, apalagi sampai pake-pake speaker masjid buat apalinnya. Lebih baik didalam hati aja sambil di hayati. Siapa tau kan setelah ngapalin ini, cinta dan bakti lo sama negara bisa sedikit-sedikit bertambah, siapa tau juga, lo yang masih mikirin mantan tiba-tiba lupa dan pindah mikirin pacar orang (hehe, kalo yg ini tidak boleh ditiru ya. kalo dicontoh boleh.. becanda2)

Intinya sering diapalin, entah lo lagi nonton tv kek, abis bangun tidur, ngepel, nyuci piring, nyapu lantai, nge-stalk twitter mantan kek, atau yang lainnya. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Semoga kalian (termasuk saya) yang lagi mempersiapkan persyaratan dalam rangka hal kepramukaan ini nih, bisa berjalan dengan lancar dan sukses dan akhirnya mendapatkan ring berwarna kuning itu yang bertanda Penegak, Aamiin. Semoga menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Terima kasih, semoga sedikit terhibur dan bermanfaat buat semuanya. Maaf kalo bencandanya kebangetan. Tetap tersenyum :)
Salam Pramuka!!!

Kalo perlu :
  1. Sejarah Ke-pramukaan di Indonesia : KLIK DISINI MAS/MBA
  2. Lambang Pramuka / Tunas Kelapa : KLIK DISINI MAS/MBA
  3. Lambang Garuda : KLIK DISINI MAS/MBA
  4. Lagu-lagu Pramuka : KLIK DISINI MAS/MBA 

Email Newsletter



Smiley :)
:D
:)
:[
;)
:D
:O
(6)
(A)
:'(
:|
:o)
8)
(K)
(M)

2 komentar:

Statistik

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *